Cara terbaik menurut pandangan Islam untuk mengatasi depresi

Posted: 31 Desember 2009 in RELIGI ISLAM

depression

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Bagaimana cara terbaik untuk mengatasi depresi menurut pandangan Islam?

Jawaban:

Wa ‘alaikum salam,

Depresi memiliki 3 sebab yang mempengaruhi, dan tidak perlu tiga sebab yang dapat membuat seseorang mudah depresi, karena dengan satu sebab saja bisa mempengaruhi seseorang mudah menjadi depresi:

1) Kurangnya ilmu, yang berakibat kepada kurangnya iman.

2) Kurangnya sifat tawakkal dan terlalu materialistik dalam memandang hidup ini.

3) Dosa, artinya ketika kita berdosa, depresi terjadi akibat dosa yang kita perbuat itu. Dosa layaknya bakteri atau virus. Ketika anda terbebas dari dosa maka anda sudah menyingkirkan depresi.

Saudariku, anda harus fokus untuk selalu membaca Al-Qur’an, memahami makna yang terkandung di dalamnya dan memperluas pengetahuan tentang agama Islam. Anda harus selalu bergaul dengan orang-orang shaleh yang dapat mengingatkan anda akan hari Akhir dan akan Allah Swt. Anda harus pikirkan bahwa dalam depresi, terdapat konflik antara keinginan anda dan rencana Allah Swt. Jika seandainya anda yakin bahwa segalanya sudah diatur oleh Allah Swt, maka anda tidak akan pernah merasa tidak puas dengan semua Qadar yang terjadi. Allah Swt. berfirman dalam Al-Qur’an, “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah : 216)

Saat anda mengalami depresi, maka cobalah untuk introspeksi dan mengingat dosa-dosa apa yang sudah anda perbuat.

About these ads
Komentar
  1. Tuti nurhayati mengatakan:

    assalamaulaikum ustad..

  2. Tuti nurhayati mengatakan:

    assalamualaikum ustad..
    saya, punya adik laki2 umury 15 tahun tinggal dipondok pesantren, tiba2 adik saya kalau di tanya selalu diam, ditanya masalahnya apa tetap tidak terbuka sulit sekali untuk mengatakan apa penyebabnya. sampai saya bawa kpada ustadz untuk diobati. ternyata kata ustady kemungkinan ada temannya yang membuat sakit hatinya, dan adik saya tidak ada kekuatan untuk melawan,pendiam perasaannya sensitif, sulit mengungkapkan masalah. dan kalau ditanya selalu didahulukan senyum terus membuat teman dekatnya menganggap adik saya kurang waras. setelah sepulang dr ustad malamnya saya coba rayu dengan berbagai cara akhirnya ada beberapa patah yang keluar dari mulutnya yaitu adik saya say” saya tertekan, dan saya ingin mandiri” ingin pisah sama kakaknya ali, karena ali agak keras wataknya. mohon pencerahannya ustadz. Terima kasih..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s