Bawang Putih Mentah Baik Bagi Jantung

Posted: 13 Desember 2009 in KESEHATAN

Bawang putih sangat baik bagi jantung jika dimakan mentah serta diremukkan daripada dimasak terlebih  dahulu. Ini merupakan temuan yang dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Sekolah Medis Universitas Connecticut , Amerika Serikat.

Selama berabad-abad bawang putih sudah berkonstribusi bagi dunia kesehatan. Namun, ilmuan kardiovaskular dari Sekolah Medis Universitas Connecticut mengatakan bahwa mereka memiliki bukti temuan pertama yang menunjukkan bahwa bawang putih segar yang dihancurkan memiliki efek bagi kesehatan yang lebih besar daripada bawang putih yang dimasak terlebih dulu.

Penelitian ini dilakukan dengan cara memberi makan bawang putih selama 30 hari kepada tikus yang dikelompokkan. Kelompok pertama diberikan bawang putih mentah, sementara kelompok kedua diberikan bawang putih yang sudah diproses. Hasinya ditemukan bahwa tikus yang diberikan bawang putih yang sudah diproses memang mengurangi dampak kerusakan dari kurangnya oksigen dalam tubuh. Tetapi, bawang putih mentah memberikan dampak yang jauh lebih besar bagi aliran darah di Aorta dan meningkatkan tekanan pada bilik jantung.

Peneliti juga menemukan bahwa efek bawang putih bagi jantung rupanya hasil dari hydrogen sulfat yang terbentuk setelah bawang putih dihancurka. Zat itu memberikan dampak melancarkan peredaran darah di tubuh. “Walaupun terkenal dengan baunya yang tajam, zat hydrogen sulfat dalam bawang putih juga bertindak sebagai pengantar zat kimia dalam tubuh, melancarkan aliran darah,” ujar peneliti Dipak Das. Dipak Das juga mengungkapkan bahwa bawang putih yang diproses justru akan menghilangkan kemampuannya dalam menghasilkan hydrogen sulfat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s