Bozz…..Seks Sehatkan Jantung Lho..

Posted: 8 Februari 2010 in KESEHATAN

Seks tidak hanya membuat Anda merasa nyaman, seks juga bagus untuk jantung. Temuan yang dipublikasikan di American Journal of Cardiology menyebutkan bahwa laki-laki dengan frekuensi aktivitas seksual rendah berisiko lebih besar mengalami penyakit jantung.

Laki-laki yang melaporkan aktivitas seksual sekali atau kurang sebulan memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan laki-laki yang melaporkan melakukan hubungan intim dua kali atau lebih seminggu.

Studi-studi sebelumnya, terang peneliti Susan A. Hall, PhD dari New England Research Institutes, telah memeriksa hubungan antara disfungsi ereksi dan penyakit jantung. Tapi, ini merupakan studi pertama yang melihat hubungan antara frekuensi aktivitas seksual dan penyakit jantung, terlepas dari disfungsi ereksi.

Hall dan teman-temannya menganalisis laki-laki yang ikut ambil bagian dalam Massachusetts Male Aging Study. Studi ini mempelajari disfungsi ereksi serta variabel fungsi seksual lainnya, seperti libido.

Studi melibatkan 1.165 laki-laki (rata-rata usia 50) tanpa sejarah penyakit kardiovaskular (seperti penyakit jantung, stroke, penyakit arteri) di awal studi. Sekitar 213 dari partisipan menderita disfungsi ereksi di awal studi. Para partisipan diikuti selama 16 tahun.

Peneliti menemukan adanya peningkatan risiko penyakit kardiovaskular sering dengan penurunan frekuensi aktivitas seksual.

Laki-laki yang melaporkan melakukan hubungan seksual dua hingga tiga kali seminggu berisiko 45 persen lebih rendah mengalami penyakit kardiovaskular dibandingkan laki-laki yang hanya melakukan sekali atau kurang hubungan seksual dalam sebulan. Hasil temuan ini telah memperhitungkan faktor lain, seperti usia dan disfungsi ereksi.

“Hasil menunjukkan bahwa rendahnya frekuensi aktivitas seksual bisa meramalkan penyakit kardiovaskular, terlepas dari disfungsi ereksi,” terang peneliti, seperti dikutip situs webmd.

Peneliti juga melihat peran hasrat seksual dan kemampuan melakukan aktivitas seksual sebagai faktor yang mempengaruhi risiko jantung.”Laki-laki yang aktif secara seksual cenderung memiliki libido dan mampu melakukan aktivitas fisik. Jadi, kemampuan  berhubungan intim merupakan salah satu pemanda kesehatan secara umum.” (MED/Ezz)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s