10 Virus Ponsel Paling Ganas

Posted: 13 Februari 2010 in TOP INFO SERBA 10.

Virus di ponsel sama seperti virus komputer. Selayaknya sebuah program virus, yakni program yang dapat menginstall dirinya sendiri, mereka dapat menyebabkan kerusakan baik secara langsung maupun tidak. Walaupun ada beberapa dari mereka yang tidak menyebabkan kerusakan, tapi mereka tetap menyebabkan kerugian.

Berikut daftar dari 10 virus paling ganas yang pernah ditemukan di ponsel:

1. Cabir

Ditemukan: Juni 2004
Nama alias: SymbOS/Cabir.A, EPOC/Cabir.A, Worm.Symbian.Cabir.a, Caribe
Target: Ponsel Symbian S60v2
Tersebar melalui: Bluetooth
Kerusakan: Memberlambat kinerja ponsel
Cabir merupakan worm yang menyebar melalui koneksi Bluetooth dan masuk ke inbox pesan dengan nama yang menarik. Jika file tersebut dibuka dan di install, Cabir akan mulai mencari sasaran ponsel lain yang sedang terbuka akses sambungan Bluetooth-nya untuk menyebar. Cabir akan mengaktifkan Bluetooth secara periodik, sekitar 15-20 menit sekali, untuk mendapatkan sasaran ponsel lain. Tidak ada kerusakan berbahaya, tetapi baterai ponsel akan habis lebih cepat karena Bluetooth terus menerus digunakan.

2. Skulls

Ditemukan: November 2004
Nama alias: SymbOS.skulls, skulls.sis, Extenhded theme.sis
Target: Ponsel Symbian
Tersebar melalui: Internet
Kerusakan: Ponsel tidak bisa digunakan lagi selain untuk menelpon dan menerima panggilan.
Ketika terinstall, Skull H akan menampilkan notification message: “Install beta_092_free-sms-RM8” dan Skull S menampilkan pesan “Install BlueNum Stealer”, dan beberapa pesan aneh lainnya. Jenis Trojan ini merusak sistem dan menyebabkan menu icon berubah menjadi icon tengkorak. Tidak hanya dapat mengubah icon, Skull dapat merusak semua aplikasi yang icon-nya telah diubah. Biasanya ketika aplikasi yang terinfeksi akan dibuka maka yang akan muncul adalah error message.

3. CommWarrior
Ditemukan: Januari 2005
Nama alias: Random
Target: Ponsel Symbian s60v2
Tersebar melalui: Bluetooth dan MMS
Kerusakan: Mengirim virus replikasi melalui MMS untuk semua nomor dalam contacts, menghabiskan pulsa.

Virus ini keberadaan-nya sering tidak disadari karena nama yang digunakannya tidak tentu. Serangan jenis virus ini sangat bervariasi, tetapi yang paling umum adalah virus akan menyebar melalui Bluetooth. Beberapa varian dari virus ini juga akan mengirim MMS acak ke nomor yang tersimpan di contacts. Varian terakhir yang ditemukan adalah Commwarrior T. yang menulari Symbian 8.1 (s60v2) atau versi sebelumnya. Virus ini akan menyebar dan kadang-kadang membuka halaman HTML berisi pesan seperti ini:
Introduction Surprise! Your phone infected by CommWarrior worm v3.0. Matrix has you, CommWarrior inside. No panic please, it is very interesting to have mobile virus at own phone. This worm does not bring any harm to your phone and your significant data. About CommWarrior worm for Nokia Series60 provides automatic real-time protection against harmful Anti-Virus content. CommWarrior is free software and is distributed in the hope that it will be useful, without any warranty. Thank you for using CommWarrior. CommWarrior © 2005-2006 by e10d0r.

4. Locknut

Ditemukan: Maret 2005
Nama alias: Unknown
Target: Symbian s60
Tersebar melalui: Internet download
Kerusakan: Crashing sistem ponsel (ROM)
Locknut atau SymbOS.Locknut adalah Trojan yang menggunakan backdoor dalam sistem Symbian S60. Virus ini berbahaya karena dapat mengubah data binary (file ekstensi .bin) dalam ROM ponsel dari sistem, dan menyebabkan sistem operasi ponsel berhenti. Locknut E, salah satu varian dari virus ini, akan merusak file-file penting dalam sistem Symbian dan menyebabkan aplikasi yang terinfeksi tidak dapat dibuka. Dengan cara ini, lama-kelamaan ponsel akan terkunci secara total.

5. Fontal

Ditemukan: April 2005
Nama alias: Unknown
Target: Ponsel Symbian S60
Tersebar melalui: Internet download
Kerusakan: Mengunci ponsel sejak pertama dinyalakan sehingga tidak dapat digunakan.
Jika Locknut mengunci ponsel secara bertahap, maka Fontal akan mengunci ponsel sejak pertama kali dinyalakan.

6. RommWar
Ditemukan: –
Nama alias: theme.sis, xxx.sis, Britney_.sis, atau nama-nama menarik lainnya yang memancing kamu untuk melakukkan instalasi
Target: Symbian S60
Tersebar melalui: Bluetooth, MMS, dan internet
Kerusakan: Menyebabkan ponsel tidak dapat melakukkan booting, sering restart sendiri.
Bila proses instalasi berjalan, layar akan menampilkan pesan seperti ini: “Install Stoper by WarriorMarrior?
RommWar terdiri dari 4 varian, yakni A,B,C dan D yang kesemuanya memiliki fungsi menybeabkan ponsel tidak dapat melakukkan booting, sering restart sendiri, mematikan fungsi tombol power, dan mencegah ponsel untuk menyala saat dinyalakan.

7. DoomBoot
Ditemukan: –
Nama alias: Doom_2_wad_kracked_by_DFT_S60_v.1.0.sis (menyamar sebagai mobile games Doom 2), exoVirusStopv2.13.19 (menyamar sebagai program antivirus)
Target: Symbian S60
Tersebar melalui: Bluetooth
Kerusakan: Membuat file corrupted, mencegah reboot ponsel, jika berhasil reboot maka harus melakukkan hard-reset .
Doomboot termasuk jenis virus Trojan. Banyak varian yang telah ditemukan, seperti Doomboot A, C, L, F, G, dan P. Doomboot A membuat file corrupted, dan setelah menjangkiti suatu file, ia akan menempatkan virus lain seperti CommWarrior.B ke dalam ponsel. File yang rusak akan mencegah ponsel untuk menjalankan rebooting. Selain itu, virus ini juga menyebabkan baterai akan cepat habis karena terus menerus menggunakan koneksi Bluetooth.

8. CardTrap
Ditemukan: –
Nama alias: Menyamar sebagai game terkenal seperti Kingkong, Half Life, Battlefield 2, dll. Terkadang juga menyamar sebagai aplikasi misalnya SeleQ 1.7 – kracked TNT.sis
Target: Ponsel Symbian s60 dan PC berbasis Windows
Tersebar melalui: Memory Card
Kerusakan: Menyebabkan aplikasi penting menjadi malfungsi, kekacauan sistem, merusak fungsi beberapa tombol.
Virus handphone pertama yang dibuat untuk juga menyerang komputer berbasis Windows. Ia akan menaruh 2 file virus ke dalam memory card ponsel. Banyak varian telah ditemukan, seperti CardTrap P, Q, R, S hingga alphabets ganda seperti CardTrap AA, AG, AJ, dll. Cardtrap merusak sistem dengan mematikan beberapa aplikasi penting, terutama aplikasi antivirus. Jika memory card yang terkena virus ini dihubungkan ke PC, maka CardTrap akan menanam dirinya sendiri ke PC tersebut dan menyebarkan diri.

9. PBStealer
Ditemukan: –
Nama alias: ChattingYuk.sis, PBCompressor.sis
Target: Ponsel Symbian S60
Tersebar melalui: bluetooth
Kerusakan: Mengeksploitasi nomor kontak, daftar agenda, database dan notepad.
PBStealer adalah virus ponsel yang berasal dari Indonesia, berbanggalah kita dengan Indonesia! Virus ini akan mengcopy data-data penting di ponsel kita semisal contacs, to-do list, notes, dll kedalam format .txt dan kemudian akan disebarkan ke ponsel lain semisal Bluetooth. Sekilas terlihat tidak berbahaya tapi bagaimana jika ada data penting kita yang disebarkan dan digunakan untuk tujuan kriminal?

10. AppDisabler

Ditemukan: –
Nama alias: –
Target: Symbian
Tersebar melalui: Bluetooth, MMS
Kerusakan: menginstall virus-virus lain yang berbahaya sekaligus, seperti Locknut, Cabir serta Skulls, sehingga menyebabkan seluruh sistem operasi terhenti.
Bisa dikatakan, inilah virus ponsel paling berbahaya yang pernah ada karena menggabungkan beberapa jenis virus sekaligus. Jika virus ini sudah merasuki ponsel kita, yang bisa dilakukkan hanyalah “say goodbye” alias beli ponsel baru.

Iklan
Komentar
  1. alice pngen gituan berkata:

    🙂 🙂 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s