Kepanjangan Gelar Akademis

Posted: 3 Juli 2010 in PENGETAHUAN...?

gan pasti pernah liat gelar yg ada di belakang nama orang kan?
kadang kita suka bingung kepanjangan dari apa huruf-huruf tadi. www.haxims.blogspot.com
disini ane coba kasih tau gan. www.haxims.blogspot.com
http://tarmizise.files.wordpress.com/2009/05/toga3.jpg
Gelar Akademik

Gelar akademik atau gelar
akademis adalah gelar yang
diberikan kepada lulusan
pendidikan akademik bidang studi
tertentu dari suatu perguruan
tinggi. Gelar akademik kadangkala
disebut dengan istilahnya dalam
bahasa Belanda yaitu titel. Gelar
akademik terdiri dari sarjana
(bachelor), magister (master), dan
doktor (doctor).

Gelar akademik di Indonesia

Sarjana (S1)
Sebelum tahun 1993, gelar sarjana
yang ada di Indonesia antara lain
:
-Doktorandus (Drs.)
-Doktoranda
(Dra.)
dan
-Insinyur (Ir.)
Setelah
tahun 1993, penggunaan baku
gelar sarjana yang ada di Indonesia
antara lain:
-Sarjana Ekonomi (S.E.)
-Sarjana Hukum (S.H.)
-Sarjana
Teknik (S.T.)
-Sarjana Teknologi
Pertanian (S.TP)
-Sarjana Agama
(S.Ag.)
-Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
-Sarjana Komputer (S.Kom.)
dan
-Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I.)

Gelar sarjana ditulis di belakang
nama yang berhak dengan
mencantumkan huruf S diikuti
inisial bidang studi. Strata
pendidikan Sarjana ini disebut
sebagai Strata 1 atau biasa
disingkat S1. Studi Sarjana terdiri
dari 144 SKS (satuan kredit
semester) dan secara normatif
ditempuh selama 4 tahun, gan… www.haxims.blogspot.com

Magister (S2)
Gelar magister yang ada di
Indonesia antara lain:
-Magister
Manajemen (M.M.)
-Magister Sains
(M.Si.)
-Magister Ilmu Komputer
(M.Kom.)
-Magister Manajemen
Sistem Informasi (MMSI.)
-Magister
Pendidikan (M.Pd.)
dan
-Magister
Teknik (M.T.)

Gelar magister ditulis
di belakang nama yang berhak
dengan mencantumkan huruf M
diikuti inisial bidang studi. Strata
pendidikan Magister ini disebut
sebagai Strata 2 atau biasa
disingkat S2.
www.haxims.blogspot.com

Doktor (S3)
Gelar doktor dari bidang studi
apapun bergelar Doktor dan ditulis
di depan nama yang berhak
dengan mencantumkan singkatan
Dr. Strata pendidikan Doktor ini
disebut sebagai Strata 3 atau biasa
disingkat S3.

Kalo yang ini ngga beda-beda, gan… www.haxims.blogspot.com

Gelar akademik di Hindia-Belanda
dan Belanda

Doctorandus (Drs.)
Ingenieur (Ir.)
Meester in de Rechten (Mr.)

Eh, masa yg bawah Mr. gan? www.haxims.blogspot.com
jadi inget Mr. Bean nih ane. www.haxims.blogspot.com

lanjut gan! www.haxims.blogspot.com

Gelar akademik di negara-negara
yang menganut sistem Anglo-
Saxon
Bachelor

Bachelor of Arts (B.A.)
Bachelor of Science (B.Sc.)
Bachelor in Computer Science
Bachelor of Law (L.L.B.)
Master
Master of Arts (M.A.)
Master of Science (M.Sc.)
Master of Engineering (M.Eng.)
Master of Busines Administration
(M.B.A.)
Master of Theology (M.Th.)
Theologiae Magister (Th.M.)
Master of Laws (L.L.M.)
Doctor
Master of Philosophy (M.Phil.) (pra-
S3)
Doctor of Philosophy (Ph.D.)
Doctor of Theology (Th.D.)
Doctor of Education (Ed.D.)

Anak smp biasanya pada bingung sama yg di atas tadi nih. www.haxims.blogspot.com

Gelar akademik di Jerman

Diplom-Ingenieur (Dipl.-Ing.)
Magister
Doktor + Bidang Studi: Dr. rer. nat.,
Dr. phil., Dr. iur., Dr. rer. oec., Dr. rer.
pol., Dr. med., Dr.-Ing.
© haxims

Jangan lupa koment ya Gan….salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s