20 Tips untuk membantu menundukkan pandangan

Posted: 5 Januari 2010 in RELIGI ISLAM

Syariat Islam hadir dengan melarang cara-cara yang akan mengarah kepada maksiat, salah satu diantaranya adalah memandang seorang wanita yang bukan mahramnya. Allah Swt. berfirman: “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.” (An-Nur:30)


Di bawah ini ada 20 tips untuk membantu seseorang agar bisa menundukkan pandangannya:

1 – Tanamkan dalam pikiran kita bahwa Allah Maha Melihat, bahwa Allah melihat apa-apa yang kita kerjakan dan selalu berada bersama kita kemanapun kita pergi. Mungkin sesuatu hal yang terkesan rahasia boleh jadi tidak diketahui oleh tetangga kita, namun Allah mengetahui tentang itu. Allah Swt. berfirman: “Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati.” (Al-Mukmin/Ghafir:19)

2 – Meminta pertolongan Allah, memohon kepada-Nya dan sandarkan diri kita kepada-Nya. Allah Swt. berfirman: “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.” (Al-Mukmin/Ghafir: 60)

3 – Kita harus menyadari bahwa setiap nikmat yang kita rasakan semuanya berasal dari Allah dan kita harus bersyukur akan itu. Salah satu cara untuk mensyukurinya yaitu dengan menjaga nikmat yang telah diberikan itu agar tidak digunakan dari hal-hal yang dilarang oleh Allah Swt. Apakah akan ada balasan dari berbuat baik, selain kebaikan?. Allah Swt. berfirman: “Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan.” (An-Nahl: 53)

4 – Berusaha sendiri dan latih diri kita untuk menundukkan pandangan dan lakukan itu dengan sabar serta jangan mudah menyerah. Allah Swt. berfirman: “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (Al-`Ankabut: 69)

5 – Hindari pergi ke tempat dimana seseorang akan merasa dapat tergoda, jika seandainya dia bisa untuk menghindarinya, tempat seperti pasar atau mall atau duduk-duduk di pinggir jalan.

6 – Kita harus sadari bahwa kita tidak punya pilihan lain dalam hal ini, walau bagaimana pun kondisinya dan seberapa besarnya godaan yang akan mencoba menguasai hati. Kita harus menundukkan pandangan kita dan menjaganya dari hal-hal yang dilarang di segala tempat dan kondisi. Kita tidak perlu mencari-cari alasan dengan menyebutkan bahwa lingkungan kita sudah rusak, atau membenarkan kesalahan yang kita lakukan dengan mengatakan bahwa kita dikelilingi oleh begitu banyak godaan.

7 – Banyak melakukan ibadah-ibadah sunah, karena dengan mengerjakan ibadah wajib ditambah dengan ibadah sunah akan menghilangkan kesulitan-kesulitan yang sedang ktia hadapi.

8 – Ingat bahwa nanti bumi akan menjadi saksi dari dosa-dosa yang pernah kita lakukan atau orang lain lakukan. Allah Swt. berfirman: “pada hari itu bumi menceritakan beritanya.” (Az-Zalzalah: 4)

9 – Tanamkan di pikiran kita tentang perintah yang menyuruh kita untuk menundukkan pandangan, seperti dalam ayat Qur’an berikut dimana Allah Swt. berfirman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (An-Nur: 30)

10 – Hindari untuk melihat sesuatu yang tidak perlu, dan kita tidak boleh membiarkan pandangan kita melirik ke kiri dan ke kanan sehingga jika itu dilakukan akan semakin mendatangkan godaan.

11 – Menikah merupakan salah satu obat yang paling efektif. Nabi Muhammad Saw. bersabda: “Wahai generasi muda ! Bila diantaramu sudah mampu menikah hendaklah ia nikah, karena mata akan lebih terjaga, kemaluan akan lebih terpelihara.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud)

11 – Mengingat hurul ain (bidadari di surga), yang akan menambah motivasi kita untuk bersabar menghindari apa yang telah Allah haramkan. Allah Swt. berfirman: “dan gadis-gadis remaja yang sebaya.” (An-Naba’: 33)

12 – Ingatlah kekurangan yang ada pada seseorang yang menarik perhatian kita.

13 – Periksa diri kita dari waktu ke waktu dan berusaha untuk menundukkan pandangan sambil belajar untuk bersikap sabar sekaligus menyadari bahwa siapapun dapat berbuat kesalahan.

14 – Pikirkanlah tentang penyesalan akibat dari melihat, dan efek negatif ketika memandang seseorang lebih dari satu kali tatapan.

15 – Memahami manfaat dari menurunkan pandangan kepada seseorang, seperti yang telah dijelaskan di atas.

16 – Bicarakan juga tentang masalah ini dalam pertemuan atau acara kumpul-kumpul dan jelaskan kepada orang lain tentang bahayanya.

17 – Beritahu kerabat atau saudara kita, katakan kepada mereka agar tidak memakai baju yang dapat menarik perhatian dan memperlihatkan kecantikan mereka, seperti bagaimana baju mereka, penggunaan warna yang terang, bagaimana mereka berjalan, berbicara terlalu lembut, dll.

18 – Menghindari bujukan dan rayuan setan sebelum setan menguasai dirinya. Barangsiapa yang menundukkan pandangan setelah pandangan yang pertama akan diselamatkan dari banyak masalah, namun jika dia terus saja melihat yakinlah benih-benih yang dia tanamkan akan sulit untuk dihilangkan.

19 – Takut akibat dari perbuatan jahat yang dilakukan, dan rasa penyesalan mengingat akan kematian.

20 – Selalu bergaul dengan orang-orang yang baik, karena secara alami kita akan banyak terpengaruh oleh pergaulan, dan seseorang akan cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh teman baiknya.

Sumber: Islamonline.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s