Ternayata, Merokok Bikin IQ Jongkok!!

Posted: 26 Februari 2010 in KESEHATAN





Benarkah merokok membuat perkembangan inteligensia seseorang berkurang? Dr. Mark Weiser dan koleganya dari Sheba Medical Center yang melakukan penelitian terhadap 20 ribu tentara Israel setidaknya menyimpulkan demikian.

“Seorang pria yang menghabiskan sebungkus rokok atau lebih dalam sehari memiliki skor IQ 0,5 poin lebih rendah,” kata dia seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Kesimpulan semacam ini sebelumnya banyak ditemukan dalam penelitian yang melibatkan para remaja yang punya masalah dalam perilaku maupun mental. Namun Weiser sengaja meneliti lebih dari 20 ribu prajurit berusia rata-rata 18 tahun yang baru direkrut. Dari wawancara yang dilakukan tim peneliti, 28 persen diantaranya mengaku merokok sedikitnya sebungkus sehari, tiga persen menyatakan bekas pecandu rokok, dan 68 persen tak pernah mengisap nikotin.

Hasilnya, rata-rata IQ yang bukan perokok mencapai 101. Angka itu menurun drastis terhadap mereka yang biasa merokok satu sampai lima batang sehari hingga sebungkus sehari.

Penelitian juga dilakukan terhadap perilaku merokok prajurit yang baru dilakukan saat memasuki dinas militer. “Hasilnya, mereka yang merokok punya IQ lebih rendah dari yang tidak merokok,” tulis Weiser.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s