Daftar Nama Anggota Dewan Yang Sering Bolos

Posted: 29 Juli 2010 in PENGETAHUAN...?

Anggota dewan yang hadir dalam setiap sidang paripurna semakin lama berkurang. Dari tiga masa sidang saja, jumlah kehadiran terus melorot. Berdasarkan data dari Biro Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI pada sidang pertama 4 Desember 2009, tingkat kehadiran rata-rata masih 90 persen. Namun jumlah ini menurun pada masa sidang kedua, yaitu 4 Januari hingga 5 Maret 2010.

Tingkat kahadiran pada masa sidang kedua ini Fraksi Partai Demokrat 91,1 persen, Fraksi Partai Golkar (86,9%), Fraksi PDI Perjuangan (79,7%), Fraksi PKS (85,1%), Fraksi PAN (83,5%), Fraksi PPP (80,7%), Fraksi PKB (78,3%), Fraksi Gerindra (84,2%), dan Fraksi Hanura (89,4%).

Pada masa sidang ketiga, jumlah kehadiran semakin berkurang di mana posisi kehadiran tertinggi pada Fraksi PPP dengan 78,9 persen dan posisi terendah pada Fraksi PDIP dengan 61,2 persen.

Data Biro Persidangan juga menyebutkan anggota dewan yang paling banyak tidak hadir selama masa persidangan II. Dalam daftar terdapat dua nama dari Fraksi Partai Demokorat yang tidak masuk tiga kali tanpa keterangan, yaitu Gondo Radityo Gambiro dan Nurcahyo Anggoro Jati. Keduanya hanya hadir tujuh kali dari rata-rata 10 kali persidangan.

Dari Fraksi Partai Golkar tedapat seorang yang hadir enam kali tanpa keterangan. Fraksi PDIP satu orang tidak hadir tiga kali tanpa keterangan, dari Fraksi PKS dua anggota tidak hadir tanpa keterangan, masing-masing dua kali.

Fraksi PAN, dua anggotanya tidak hadir tanpa keterangan masing-masing dua kali. Masing-masing satu anggota dari Fraksi PPP dan PKB yang tidak hadir tanpa keterangan. Anggota Fraksi PPP sebanyak tiga kali, sementara anggota Fraksi PKB empat kali.

Fraksi Hanura ada tiga anggota yang tercatat hadir tanpa keterangan, masing-masing dua kali. Terakhir Partai Hanura yang dua anggotanya tidak hadir, masing-masing tiga kali.

Untuk masa sidang III, satu anggota Fraksi Partai Demokrat tidak hadir tanpa keterangan. Anggota masih nama yang sama dengan masa sidang I. Kali ini yang bersangkutan tidak hadir tanpa keterangan sebanyak lima kali dari rata-rata sembilan kali persidangan.

Dua anggota Fraksi Partai Golkar juga tidak hadir, masing-masing sebanyak empat kali. Dari Fraksi PDI Perjuangan tiga anggota, masing-masing empat kali tanpa keterangan. Fraksi PKS ada empat anggota, masing-masing hanya sekali. Fraksi PAN satu orang, Fraksi PPP dua anggota, masing-masing tiga kali. Fraksi PKB dua anggota, masing-masing empat kali. Fraksi Partai Gerindra dua orang dan Fraksi Hanura satu orang.

A. Masa Sidang II (4 Januari-5 Maret 2010) sebanyak 10 kali persidangan:
1. Jeffrie Geovanie (Fraksi Partai Golkar)– Tak hadir tanpa keterangan: 6 kali
2. Agus Sulistiyono (Fraksi PKB) — Tak hadir tanpa keterangan: 4 kali
3. Gondo Radityo Gambiro, Nurcahyo Anggoro Jati (keduanya dari Fraksi Partai Demokrat), Ferdinand Sampurna Jaya, Akbar Faizal (keduanya dari Fraksi Hanura), Nusyirwan Soejono (Fraksi PDI Perjuangan), dan Ahmad Dese Sere (Fraksi PPP) — Semua tak hadir tanpa keterangan: 3 kali

B. Masa Sidang III (5 April 2010-18 Juni 2010) sebanyak 9 kali persidangan:
1. Ratu Munawaroh (Fraksi PAN) — Tak hadir tanpa keterangan: 9 kali
2. Nur Cahyo Anggorojati (Fraksi Partai Demokrat) – Tak hadir tanpa keterangan: 5 kali
3. Agus Gumiwang Kartasasmita, Ibnu Munzir (keduanya Fraksi Partai Golkar), Alexander Litay, Arif Wibowo (keduanya Fraksi PDI Perjuangan), Abdul Malik Haramain, Abdul Kadir Karding (keduanya Fraksi PKB) – Semua tak hadir tanpa keterangan: 4 kali. (Sumber tempointeraktif dan Oke zone.com )

Jangan lupa koment ya ….salam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s